banner_ad

Modal Berwirausaha

| 11/08/2010 | 0 Comments

Banyak orang ketika akan memulai berwirausaha terbentur pada pemikiran tidak adanya modal untuk memulai berwirausaha. Darimana mendapatkan Modal untuk berwirausaha? serta sederetan ketakutan dan pertanyaan berkaitan dengan modal untuk memulai usaha. Benar Modal merupakan faktor penting dalam berwirausaha, tetapi apakah modal usaha itu harus berupa materi? Kebanyakan kita berfikiran bahwa modal dalam sebuah usaha adalah materi. Padahal pada kenyataannya modal dalam berwirausaha tidak semata-mata berupa materi. Materi merupakan modal pendukung nomor sekian.

Ada inspirasi menarik dari seorang Bob Sadino mengenai modal usaha, Bob Sadino tentu sudah tidak asing lagi bagi dunia usaha di Indonesia. Modal usaha bagi dia bukanlah semata-mata benda dan uang. Berkaitan dengan Modal Usaha tentu fikiran sebagian besar orang adalah merujuk pada bank tertentu sebagai tempat untuk memperoleh modal. Menurut dia ada Modal Usaha yang tidak bisa dilihat yang mestinya menjadi pegangan bagi seorang enterpreneur yaitu:

1. Modal Kemauan.
Seorang Enterpreneur harus memiliki kemauan yang kuat dalam menjalankan usahanya. Kemauan adalah dasar untuk sukses dalam berwirausaha.

2. Memiliki Tekad yang bulat
Tanpa Tekad yang bulat seorang enterpreneur mudah goyah manakala mengalami riak-riak dan cobaan dalam menjalankan usahanya. Maka seorang enterpreneur harus memiliki modal usaha berupa tekad yang bulat dan berpegang teguh pada tekad tersebut.

3. Keberanian mengambil peluang

Keberanian merupakan modal awal bagi seorang enterpreneur, enterpreneur merupakan orang-orang pemberani dalam mengambil peluang yang ada di depanya. Selain itu seorang enterpreneur harus berani memulai usaha untuk menangkap peluang-peluang yang ada di depan mata.

4. Jangan cengeng dan tahan banting
Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi orang yang bisa bangkit dari kegagalan. Maka Modal sikap tidak cengeng dan tahan banting sangat penting bagi enterpreneur.

Semoga anda memiliki sifat-sifat tersebut sebagai modal dalam berwirausaha, jika belum miliki segera modal udaha yang tidak nampak tersebut. (Galeriukm).

Posted : Iwan “Semerbak Coffee” Agustian

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Category: Tips Bisnis

About the Author ()

Leave a Reply